(: Browser Pilihanku

Browser Pilihanku


"Download aja, cobain, gratis ko'..."

awalnya saya ga suka dengan google chrome, karena sudah terbiasa dengan firefox, soalnya firefox banyak addonnya, jadi gampang buat download-download dari youtube. tapi setelah kupas sedikit tentang google chrome, hehehe... jadi bisa bilang... i love google chrome... :D

saya bikin blog ini pake chrome, mantaabbb... :D...

tapi tetap pake mozila juga, buat nge-check hasil dari blog ini, dengan menggunakan beberapa browser, kita juga bisa membuka beberapa account facebook. (untuk saat ini, ga tau ke depan gimana... )

Perbandingan Google Chrome dan Mozila Firefox
Kedua browser tersebut adalah browser modern yang saat ini paling banyak digunakan, bukan saja karena kekayaan fitur dan fungsionalitasnya, namun juga kecepatan loading web dan kompatibilitas terhadap teknologi-teknologi terbaru seperti HTML dan CSS.
Dalam artikel ini kita akan menguji kedua browser tersebut ditinjau dari beberapa aspek, mulai dari kecepatan loading aplikasi, penggunaan memory sampai kompatibilitas terhadap HTML5 dan CSS3.

Perbandingan Loading Aplikasi
Dari hasil pengujian yang www.ariona.net lakukan, Loading awal Firefox dirasa sangat lama meskipun PC yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Dalam pengujian ini spesifikasi yang digunakan adalah processor Intel DualCore dengan memory 2GB dan 512Mb VGA. Kecepatan loading Firefox ketika pertama kali digunakan sekitar 3.35 detik.
Lain halnya dengan Chrome yang memiliki kecepatan loading aplikasi yang sangat cepat. hanya butuh 0.73 detik untuk memulai menjelajah dunia maya.
Kesan yang didapat dari uji kecepatan ini adalah 
Chrome lebih “cepat” dibanding dengan Firefox.

Perbandingan Penggunaan Memory
Proses Firefox ketika hanya membuka satu situs atau satu tab hanya menggunakan memory sebesar 58,892k. Proses Firefox adalah proses single sehingga ketika satu tab dalam Firefox crash/hung maka seluruh browser harus ditutup dan dijalankan kembali.

Berbeda dengan Chrome yang menggunakan teknik multiple proses untuk setiap tab. artinya setiap tab memiliki proses masing-masing. oleh karena itu jika anda buka di Task Manager anda akan menemukan kurang lebih 5 proses dengan nama “chrome.exe”. Google Chrome fresh install(belum ada add-on & aplikasi) memakan memori sebesar 28,088k
Semakin banyak tab yang dibuka dan semakin berat situs yang sedang dibuka maka semakin besar pula memory yang digunakan untuk menjalankan kedua browser tersebut. Pengujian berikut adalah pembukaan 10 tab google.com
Total memory yang dihabiskan oleh Firefox adalah 129,180K dan 258,340k untuk Chrome.Tidak heran jika Chrome menggunakan memory yang cukup banyak, karena sebagaimana admin www.ariona.net sebutkan sebelumnya, setiap tab memiliki proses masing-masing begitu juga dengan aplikasi dan ekstensi yang terinstall.

User Interface
User Interfaces atau tampilan dari browser itu sendiri juga menjadi aspek lain unggul-tidaknya suatu browser (admin www.ariona.net rasa). Penampilan Firefox kini lebih simple dibandingkan dengan versi terdahulunya yang terkesan berantakan dan acak-acakan ketika banyak addon yang terinstall.

Tampilan yang disuguhkan Chrome terkesan simple, elegan namun tidak luput dari kekayaan fungsionalitas browser itu sendiri.

Kompatibilitas HTML5 dan CSS3
HTML5 dan CSS3 adalah versi terbaru dan masih dalam tahap pengembangan karena sebagian web browser masih ada yang belum mampu menampilkan kedua teknologi tersebut dengan baik dan benar.
versi dari Firefox yang digunakan adalah 9(Firefox) dan 17(chrome).
Pengujian dilakukan dengan aplikasi acid3, dan keduanya menghasilkan nilai yang sempurna (100/100).

Pengujian selanjutnya adalah dari User Experience ketika menggunakan kedua browser tersebut. admin www.ariona.net rasakan ada beberapa aspek yang dirasa kurang pada Firefox, sebagai contoh adalah rendering dari font yang dirasa kurang tajam dan sedikit tidak halus. selain itu dukungan terhadap CSS3 animation yang masih kurang sempurna ditinjau dari kehalusan animasi yang dihasilkan.

Berbeda dengan Chrome yang menggunakan engine webkit sehingga rendering kedua teknologi tersebut dirasa sangat halus dan tajam. Mulai dari animasi, rendering font dan lain sebagainya. Chrome juga sudah mendukung CSS3 3D (Perspective) sehingga memungkinkan User menampilkan web yang menggunakan fitur CSS3 3D ini.

Fitur (Add On & Aplikasi)
Firefox lebih dikenal dengan kekayaannya akan add-on. Sebagian web developer jatuh hati karena kekayaan akan Add-on dari Firefox, begitu juga dengan pada programmer atau bahkan para hacker,

Ada sekitar lebih dari seribu addon yang siap diinstall dari situs Firefox. Semua add-on tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dan sesuai dengan berbagai jenis user.

Tak kalah dengan Firefox, Chrome juga memiliki fitur Add-on yang lebih dikenal dengan istilah Extension dan Application. Yang mejadi kelebihan Chrome adalah adanya Chrome Application, yang pada dasarnya adalah Web Application yang dikemas sedemikan rupa menjadi Chrome Application.

Market Share
Per Desember 2011, pamor Chrome semakin meningkat dan ini adalah kedua kalinya Chrome memiliki porsi lebih besar dibandingkan Firefox, 27,27% untuk Chrome dan 25,27% untuk Firefox (http://gs.statcounter.com/). Hal ini juga didukung oleh usaha Chrome untuk memasyarakatkan browsernya lewat iklan televisi. Pernah liat iklah Google Chrome tentang “Blood for life”?

Hal ini membuat Google Chrome lebih terkenal di masyarakat. Sejak peluncuran iklan tersebut pengguna Google Chrome meningkat tajam.

Kesimpulan
Dari hasil uji diatas, admin www.ariona.net dapat simpulkan bahwa Google Chrome lebih unggul dibandingkan dengan Firefox. entah ditinjau dari loading aplikasi, kompatibilitas, dan fitur yang dimiliki. Namun yang terpenting adalah loading aplikasi yang akan memberikan kesan pertama bagi user.

Dengan Loading aplikasi yang relatif cepat, Chrome berhasil memikat lebih banyak user. berbeda dengan Firefox yang terkesar lamban dan kesan pertama dari userpun adalah
“Loading Firefox itu lama banget sih?!”

Namun pada akhirnya pamor kedua browser tersebut tergantung dari feel dan style dari user. Terkadang user lebih betah jika ada add-on yang sangat dibutuhkan dan tersedia dalam browser tersebut. jadi silahkan kalau anda sudah cinta sama firefox, lanjutkan saja.

Itulah kesimpulan dari hasil uji yang admin www.ariona.net lakukan, berbeda dengan hasil uji anda? atau tidak rela browser kesayangan anda kalah? Silahkan berkomentar dibawah  

Google telah meluncurkan sistem operasi berbasis open source bernama Chrome. OS ini akan segera menyambangi pasar pada musim liburan 2010 mendatang.

Sayang, Chrome OS hanya akan berjalan pada piranti keras yang memang ada kerjasama dengan pihak Google. Tentunya piranti yang cocok adalah sebuah netbook.

"Mungkin piranti yang cocok adalah sebuah netbook, yang memiliki SSD, konektifitas WiFi, serta full size keyboard," ujar Sundar Pichai, Vice President Google untuk manajemen produk, seperti dikutip detikINET dari PC World, Selasa (24/11/2009). 

Lebih lanjut, Pichai membeberkan 5 keuntungan memakai Chrome OS:

1. Booting yang Cepat
Pichai menyebutkan bahwa Chrome OS sama seperti sebuah televisi saat dinyalakan. Tidak memiliki jeda waktu booting yang lama, karena tak memiliki aplikasi lokal yang membatasi ruang gerak hardware.

2. Masalah Keamanan
OS ini diintegrasikan dengan Chrome browser. Dengan demikian maka selayaknya browser, OS ini akan langsung mengupdate sistem keamanannya secara default. Hal ini masih ditambah lagi dengan penyimpanan data secara fisik dalam storage yang kini dirancang minimalis. Pasalnya semua data dapat disimpan secara online.

3. Dukung Arsitektur X86 dan ARM
Google berjanji untuk mengaplikasikan baik arsitektur X86, ARM dan code-code populer bagi netbook lainnya.

4. Menu Aplikasi 
Sebuah aplikasi web yang baru kini dapat ditemui dalam menu aplikasi secara permanen pada Chrome OS ini. Hal ini akan membantu pengguna untuk mencari sebuah aplikasi baru langsung secara online. Selain memudahkan pengguna menu aplikasi ini juga menguntungkan pihak pengembang.

5. Akur dengan Microsoft Office
Walau Microsoft dengan Windows-nya merupakan pesaing berat mereka, namun Chrome OS ini ternyata juga mendukung dijalankannya dokumen office. Saat peluncuran Chorme OS, Pichai juga mendemokan bahwa Chrome dapat membuka sebuah dokumen via Microsoft office live. Microsoft office live adalah sebuah aplikasi web gratis bagi pengguna Windows live.

Saat pengguna membuka sebuah dokumen berekstensi .xls, Chorme OS akan langsung membuka Excel via Microsoft Office Live secara online

Download Google Chrome Terbaru. Browser Google Chrome baru melakukan update, kini masuk versi beta. Kehebatan yang ditawarkan versi ini — menambah kecepatan buka halaman website menjadi lebih cepat lagi. Chrome Beta dengan inisiatif membuka halaman sebuah website di area background browser meskipun anda belum selesai mengetik alamat URL website tersebut di area address bar.

Dengan begini akan memangkas waktu tentunya, sebelum tombol enter di klik, website anda inginkan telah sepenuhnya terbuka dengan jelas. Juga hemat tenaga sekaligus.
Selain urusan kecepatan, Chrome Beta juga menghadirkan kemajuan untuk urusan browsing aman dan kemananan guna melindungi system komputer kita dari serangan software jahil  untuk PC bisa sekalian lengkapi dengan download Malware Removal Tool untuk Windows dari Microsoft atau Smadav 8.8 pro terbaru.
 Pada versi sebelumnya, Chrome sudah melakukan tindakan hebat dengan membentengi komputer penggunanya dari situs-situs yang mampu mengeksploitasi komputer tanpa perlu berinteraksi dengannya.

Kini keamanan ditambahkan lagi untuk mengatasi website-website yang mengiming-imingi kita untuk download dan mengeksekusi sebuah file yang dapat membahayakan komputer. Contohnya seperit website yang seolah-olah menawarkan perlindungan produk antivirus.
Untuk melindungi anda dari hal tersebut, Chrome menyertakan sebuah aplikasi berfungsi canggih untuk menganalisa file yang tereksekusi — seperti file .exe dan .msi — sebelum anda download. Jika terbukti itu adalah file jahil, atau berada di sebuah hosting yang memang punya reputasi buruk. Maka Chrome akan peringati anda bahwa file tersebut adalah file jahil (malware) yang sebaiknya di tolak.

Tetapi yang paling penting dari semua itu adalah kehati-hatian anda sendiri, biarpun antivirus canggih terinstall dan browser solid sekelas Chrome atau Firefox sebagai kendaraan, namun anda sendiri ceroboh, maka bisa terjangkit malware juga. Betul?
Jangan takut dengan kata “Beta”, meskipun masa dalam tahap itu. Namun kelebihan dan kehebatan ditawarkan sangat mengesankan. Tinggal tunggu beberapa hari pula minggu, tentu update dirilis. Anda tinggal klik tombol update maka langsung ke versi sempurna. Jadi silahkan di coba versi beta ini deh

Google Chrome hadir di Android
Anda punya android tetapi Anda kurang puas dengan browser bawaan android?
Sekarang anda bisa menikmati kehebatan Google Chrome dan sudah tersedia di toko aplikasi online Android Market secara gratis. Sama seperti versi komputer, Chrome untuk Android tetap fokus pada kecepatan mengakses internet dan juga menghadirkan tampilan yang sederhana agar nyaman dilihat saat browsing. Fitur yang ada di Chrome Beta ini dapat mengirimkan halaman dari Chrome di komputer ke ponsel atau komputer tablet.
Namun tidak semua fitur versi desktop bisa dinikmati di ponsel dan tablet Android. Di antara sejumlah fitur yang tidak dihadirkan di versi Chrome for Android ini adalah kemampuannya untuk membuka tab browser dengan jumlah yang tanpa batas.
“Akan tetapi sama seperti versi dekstopnya, Chrome for Android berfokus pada kecepatan dan kesederhanaan,” ujar Sundar Pichai, senior vice president Chrome & apps.
Sejauh ini, aplikasi tersebut belum tersedia untuk versi Android lainnya. Untuk yang versi Ice Cream Sandwich sendiri, ia masih berformat beta sehingga beberapa bug masih ditemukan.
Ice Cream Sandwich kini tersedia untuk Samsung Galaxy Nexus dan tablet Asus Transformer Prime. Google menjanjikan, ketersediaan aplikasi tersebut akan segera diwujudkan untuk ponsel dan tablet-tablet lainnya dalam beberapa bulan ke depan.
“Rencana jangka panjang kami adalah menjadikan Chrome sebagai browser standar di Android,” tambah juru bicara Google. Sayang saat ditilik ke situs Android Market, Indonesia belum dimasukkan ke daftar negara yang bisa menikmati aplikasi tersebut. -dari berbagai sumber-

nilah keunggulan Google Chrome yang membuat para pesaingnya kalang kabut
Manajemen Memory
Chrome memiliki manajemen memory yang jauh lebih baik daripada browser-browser lain. Setiap satu tab yang dibuka pada chrome sebenarnya adalah satu aplikasi chrome itu sendiri tidak seperti browser lain yang menganggap bahwa semua tab yang dibuka pada satu aplikasi browser adalah satu aplikasi.

Lalu manfaat dari manajemen memory itu sendiri apa?. Bagi yang rutin browsingmenggunakan browser lain, mungkin anda sudah pernah mengalami Crashed, ketika membuka banyak tab pada browser tersebut. Karena disebabkan, semua tab berbagi alokasi memory yang sama, sehingga apabila ada salah satu tab yang crash, maka semua tab juga akan ikut dapat imbasnya pula. Hal seperti itu tidak akan terjadi pada Chrome.
Karena setiap satu tab adalah sama dengan satu aplikasi chrome, maka anda dapat dengan mudah men-drag tab keluar dari Chrome untuk membuat jendela Chrome yang baru.
Chrome juga memiliki Task Manager-nya sendiri. Jadi anda dapat melihat tab mana saja yang memakan banyak memory, dan bahkan anda juga dapat melihat penggunaan memory oleh suatu plugin yang sedang bekerja pada tab-tab tertentu. Sehingga apabila anda melihat suatu tab terlalu banyak memakan memory, dan menurut anda itu bisa memperlambat kinerj.
Chrome memiliki Javascript Virtual Machinenya sendiri
Javascript Virtual Machine pada Chrome benar-benar baru yang dibuat ulang dari 0 (nol) lagi, dengan tetap memperhatikan kepada kebutuhan user saat ini.
Dahulu, penggunaan Javascript belum sepenting saat ini, bahkan banyak web yang sama sekali tidak menggunakan Javascript pada waktu itu, namun sekarang Javascript telah menjadi bagian yang sangat-sangat vital di dunia maya. Oleh karena itu, penanganan javascript yang baik benar-benar mendapat perhatian yang sangat besar dari Google.
Javascript Virtual Machine pada Chrome dibuat oleh V8 Team yang ada di Denmark. V8 Team ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat berbagai Virtual Machine, sehingga virtual machine yang diterapkan di Chrome ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dan untuk selanjutnya, Javascript Virtual Machine yang ada pada Chrome ini akan disebut dengan nama V8.
V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding virtual machine lain, sebab V8 dapat secara dinamis mengoptimalkan penggunaan Javascript dengan cara membuat Javascript yang tadinya bersifat Classless menjadi lebih berkelas…hehe..maksudnya menjadi seolah ber- Class (masih ngebingungin juga ya ?).Setiap object yang memiliki properti yang sama pada V8 akan berbagi Hidden Class yang sama pula.
Faktor lain yang menyebabkan V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding Virtual Machine atau Javascript Engine lain adalah karena V8 langsung mengcomplie javascript yang mereka temukan, dan bukan meng-interpret-nya seperti yang dilakukan oleh engine lain. Program yang dicompile akan berjalan jauh lebih cepat dibanding program yang di- interpret, sebab begitu suatu source code dicompile, maka source code itu akan langsung menjadi bahasa mesin. Mesin (CPU) akan lebih cepat menjalankan program dengan bahasa yang mudah dimengerti.

• TAMPILAN LEBIH NYAMAN DIGUNAKAN :
Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memilii tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.
• MODUS PENYAMARAN :
Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak. jadi kalau mau browsing di komputer orang tanpa meninggalkan jejak atau ketahuan apa yang kita buka, gunakan cara ini, tool ada di kanan atas dengan gambar kunci inggris.
• APLIKASI WEB SEPERTI DESKTOP PRIBADI :
Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.
• PENGELOLAAN MEMORY TERPISAH :
(cocok untuk komputer dengan memori rendah)
Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).
• PENCARIAN LEBIH BAIK DAN MUDAH:
Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
• ANTI PENIPUAN :
Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA

Disisi lain Google Chrome dan Mozilla membuktikan kehebatannya... :D

Dalam suatu kontes yang berskala internasional di Vancouver jerman yang diikuti oleh banyak hacker handal di seluruh dunia, para developer search engine kelas dunia seperti IE, Mozilla, firefox, Apple, dan Chrome menantang para hacker untuk menjebol sistem pertahanan mereka. Berikut ulasan yang saya kutip dari situs Kompas.com :

"VANCOUVER, KOMPAS.com รข€” Kontes hacking untuk menjebol sistem keamanan browser internet dan perangkat mobile bertajuk Pwn2Own yang berlangsung sebagai bagian konferensi CanSecWest di Vancouver, Kanada, 9-11 Maret 2011, telah berakhir. Hasilnya, browser Chrome 9 buatan Google dan Firefox 3.6 buatan Mozilla yang tak jebol. Sementara Safari 5 dari Apple dan Internet Explorer 8 buatan Microsoft takluk di hari pertama.
"Aku cinta Pwn2Own! Safari dan IE8 jebol di hari pertama, tapi tidak dengan Chrome," tulis Matt Cutts, kepala tim spam web Google, di akun Twitter saat kontes hari pertama selesai. Harapannya bertahan sampai kontes berakhir karena Chrome tak jua berhasil ditembus.
Ini merupakan keberhasilan Google mempertahankan rekor sebagai browser yang tidak mudah ditembus. Selama dua tahun berturut-turut di kontes yang sama, Chrome terbukti menjadi satu-satunya browser yang tidak bisa ditembus hacker. Namun, tahun ini Firefox 3.6 pun tak kalah aman dan untuk pertama kalinya gagal dijebol.

"Whew, Firefox bertahan di #pwn2own 2011. Ini bukan kesuksesan besar, tetapi saya tetap senang mendengarnya," kata Brendan Eich, CTO Mozilla, di akun Twitter miliknya mengomentari kabar baik tersebut. Tak lupa, bos Mozilla itu pun memberi selamat kepada tim Chrome dari Google lewat tweet selanjutnya.
Pujian yang sama juga disampaikan tim Google kepada Mozilla. "Kedua browser yang bertahan sama-sama open source, punya program penghargaan, punya tim keamanan yang melekat, lebih baik dan cepat melakukan perbaikan. Kebetulan?" tulis Chris Evans, insinyur di tim keamanan Chrome.
Selain menantang para hacker menembus keamanan browser internet, Pwn2Own juga menantang peserta menembus sistem operasi perangkat mobile. iOS di iPhone 4 dan BlackBerry Torch sukses ditembus, tetapi Android dan Windows Phone 7 bisa bertahan. "
nah, ternyata emang terbukti, software Opensource gak kalah kan sama yang berbayar mahal seperti Internet Exploler ?! bahkan mereka terbukti tahan dan handal dari serangan hacker... Salut dan top markotop deh buat Google Chrome dan Mozilla Firefox..

Sumber : 
http://harapandhodhie.com/hebatnya-google-chrome/
http://abibakarblog.com/internet/download-internet/google-chrome-download-internet/download-google-chrome-terbaru-super-cepat-dan-aman/
http://www.ariona.net/firefox-vs-chrome-mana-yang-lebih-unggul/
http://inet.detik.com/read/2009/11/24/090822/1247513/317/5-kehebatan-google-chrome-os
http://belekedepe.wordpress.com/2012/02/08/google-chrome-hadir-di-android/
http://www.ripiu.com/article/read/google-chrome-dan-mozilla-membuktikan-kehebatannya

No comments:

Post a Comment

Pertanggung jawabkan komentar anda... :)